Tuesday, July 10, 2018

Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Terjemahannya

Niat - dalam islam merupakan hal yang paling utama, terlebih juga dalam niat/ do'a puasa maupun saat buka puasa di bulan Ramadhan ini. Pada kesempatan kali ini ucapanku.com akan menyediakan lafal Bacaan Niat Puasa Ramadhan dengan artinya dan juga versi huruf latinnya agar semakin memudahkan teman-teman semuanya. Oke guys check this out !!



Niat Puasa - merupakan keutamaan yang harus dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa, karena apalah arti sesuatu yang di kerjakan tanpa ada niat, dengan adanya niat maka segala hal yang akan kita perbuat akan berjalan sesuai yang kita inginkan, jadi dengan kata lain niat merupakan awal dari segala sesuatu yang akan kita lakukan, sebagaimana apabila kita berniat untuk melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan maka insya Allah puasa yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan niat yang sudah kita lakukan sebelum menunaikan ibadah puasa.


Berbeda dengan perbuatan yang tidak dilandasi dengan niat, maka hasil yang akan di dapat kurang maximal, entah itu tidak tahan dengan godaan atau pun dengan hal yang lain yang membatalkan ibadah puasa, hal ini di karenakan tidak ada keteguhan dalam hati untuk melakukan puasa, berbeda dengan yang dilandaskan dengan niat maka hatinya akan kuat serta kokoh dalam menghadapi segala godaan.


Nabi Muhammad SAW bersabda :
"sesungguhnya segala pekerjaan itu tergantung kepada niat dan sesungguhnya bagi setiap orang itu mendapatkan apa yang ia niatkan" (HR. Al Bukhori)



Sebelum berpuasa di bulan Ramadhan kita harus membaca doa niat puasa, karena sebelum berpuasa kita harus didasari dengan niat puasa di bulan suci.

Doa niat puasa di bulan suci

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya (dalam bahasa Indonesia) :
"saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardlu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Alloh Ta'ala"

Artinya (dalam bahasa Inggris) :
"I'm fasting tomorrow's intention to perform the fard in the month of Ramadan this year, because Allah Ta'ala"

Artinya (dalam bahasa Jawa) :
"Niat ingsun puoso ing dina ngesuk saking anekani ferdhune wulan Romadhon taun iki,kerono Alloh Ta'ala"

Artinya (dalam bahasa Sunda) :
"Niat abdi puasa poe isuk bulan rommdhon taun iyeu fardhu karana Alloh Ta'ala"

 

Itulah bacaan niat puasa Ramadhan dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya, silakan dihafalkan. Seperti yang diketahui, bahwa puasa Ramadhan adalah wajib bagi orang muslim (laki-laki dan perempuan) yang sudah baligh dan berakal. Maka apabila meninggalkannya sungguh berdosa dan diwajibkan untuk membayar/mengganti dan/atau mengqadhanya. 


Semoga bacaan atau do'a diatas dapat menjadi sebuah bacaan yang bermanfaat sebagai kesempurnaan ibadah puasa di bulan yang penuh dengan keberkahan dan hikmah ini Aminn,,, sekian postingan dari ucapanku.com mengenai Bacaan Niat Puasa Ramadhan terima kasih dan selamat menjalankan ibadah puasa. 


No comments:

Post a Comment