Tuesday, July 10, 2018

Bacaan Niat Shalat Ied Fitri 2016 M/1437 H





Asslamu'alaikum sob...

Gak terasa 9 hari lagi lebaran sob...
Lumayan masih lama sih :D tapi gak apa kita bahas aja mengenai hari kemenangan ini :D



Setelah satu bulan lamanya kita melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh rahmat, rahim dan maghfirah-Nya, sebagaimana kita menjalankan rukun islam nomor keempat yaitu menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, dan semoga saja selama kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini semua amalan ibadahnya diterima oleh Allah SWT, di beri keberkahan dan kemudahan dalam mencari rizki dan ridha-Nya. Dan semoga dengan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini Allah SWT meninggikan derajat kita ke level yang lebih baik dari sebelumnya, dan menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan,,,,amiiiin.

Pada kesempatan kali ini hitamputih.edu akan menjelaskan tentang Tata Cara dan Niat Shalat Ied Fitri, dan pada dasarnya niat shalat sunnah ied fitri ini sama saja dengan niat shalat sunnah lainnya yang diniatkan di dalam hati, selain itu niatkanlah shalat sunnah ied fitri kita karena Allah SWT, dan mengharapkan ridha-Nya.

Penjelasan tentang Pengertian Niat telah dibahas di artikel sebelumnya.




Shalat sunnah Ied Fitri ini merupakan shalat sunnah yang selalu kita kerjakan selama setahun sekali, yaitu setelah melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan selama 30 hari lamanya. Selain itu shalat sunnah Ied Fitri ini merupakan shalat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim dalam melaksanakannya.


Niat Shalat Ied Fitri

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN/MAMUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :
"Saya niat shalat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam/mamuum karena Allah Ta'ala"
  
Tata Cara Shalat Ied Fitri :

Raka’at pertama
  1. Takbiratul ihram sambil membaca niat (saya niat shalat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam/mamuum karena Allah Ta'ala).
  2. Membaca do’a iftitahTakbir, kemudian membaca                                                                     ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﻭَﻟَﺎ ﺇﻟَﻪَ ﺇﻟَّﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺍَﻟﻠَّﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮ                                                               SUBHANALLAHI WALHAMDULILLAHI WALAA ILAAHA ILLALLAH WALLAHUAKBAR, yang artinya "Mahasuci Allah, dan segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan melainkan Allah dan Allah Mahabesar". Ini di lakukan sebanyak 7 (tujuh) kali
  3. Baca surat alfatihah
  4. Baca surat al_qur’an
  5. Ruku’, i’tidal, sujud. dst. Lakukan sperti shalat fardu

Raka’at ke dua

  1. Takbir 5 (lima) kali. Bacaanya sama dengan rakaat pertama
  2. Baca surat alfatihah
  3. Baca surat al_qur’an
  4. Ruku’, dst. Sampai salam



Mungkin itu sob yang bisa hitamputih.edu paparkan mengenai Tata Cara dan Niat Shalat Ied Fitri, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya, dan terimakasih atas kunjungannya dan kepercayaannya.
Taqabbalallahu minna wa minkum taqobbal yaa kariim

Wassalamu'alaikum

Baca juga :

No comments:

Post a Comment